Sabtu, 25 Februari 2012

Final Fantasy

Seri Final Fantasy

ini adalah seri dari game RPG Final Fantasy dan ada di antaranya merupakan salah satu game favorit saya… langsung aja deh kalau gitu,silahkan… Final Fantasy series logo.png
Genre Permainan peran konsol
Pengembang Square Enix (sebelumnya Square)
Penerbit Square Enix (sebelumnya Square)
Penulis Hironobu Sakaguchi
Platform Telepon genggam, Game Boy Advance, MSX, Nintendo DS, Nintendo Entertainment System, Nintendo GameCube, Windows, PlayStation, PlayStation 2, PlayStation 3, PlayStation Portable, Super Nintendo Entertainment System, Wii, Wonderswan Color, Xbox 360
Platform asal Nintendo Entertainment System
Rilis pertama Final Fantasy
18 Desember 1987
Rilis terbaru Final Fantasy XIII
17 Desember 2009
Situs resmi www.square-enix.com
Final Fantasy (Bahasa Jepang: ファイナルファンタジー Fainaru Fantajii) adalah seri permainan RPG konsol dan komputer yang diproduksi oleh Square Enix (sebelumnya bernama Square Co., Ltd.). Final Fantasy adalah seri permainan yang paling banyak didistribusikan sepanjang masa, termasuk permainan-permainan RPG standar untuk konsol, permainan portabel, MMORPG, permainan untuk telepon selular, tiga film produksi animasi dan dua film CGI berdurasi panjang.
Produk pertama seri ini diluncurkan di Jepang tanggal 18 Desember 1987 dan telah dikhusukan untuk pasar-pasar di Amerika Utara, Eropa dan Australia, pada banyak konsol permainan video, termasuk Nintendo Entertainment System, MSX 2, Super Nintendo Entertainment System, PlayStation, WonderSwan Color, PlayStation 2, Game Boy Advance, Nintendo GameCube juga komputer-komputer kompatibel PC IBM dan beberapa jenis telepon selular. Keluaran berikutnya telah diberitakan akan hadir untuk sistem permainan Nintendo DS, Nintendo Wii, PlayStation Portable, PlayStation 3 dan Xbox 360. Final Fantasy adalah seri produk Squre Enix yang paling sukses dan seri produk ketiga terlaris sepanjang masa, dengan penjualan sampai saat ini telah melebihi 63 juta unit di seluruh dunia.
Terhitung Juni 2006, di Jepang telah dirilis dua belas permainan yang merupakan bagian dari seri utama (bernomor), beserta banyak judul pecahan (spinoff) dan judul terkait lainnya. Dua darinya, Final Fantasy III dan Final Fantasy XII, secara resmi belum dirilis di luar Jepang; walau demikian, keduanya dijadwalkan hadir di Amerika Utara (yang pertama untuk Nintendo DS dan yang terakhir untuk PlayStation 2) pada akhir tahun. (Nama Final Fantasy III digunakan untuk rilis pertama di Amerika Utara yang sebenarnya adalah Final Fantasy VI di Jepang.)

Final Fantasy II (ファイナルファンタジーII, Fainaru Fantajī Tsū?) adalah sebuah permainan role-playing game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Square Co., Ltd. pada tahun 1988. Setelah pada awalnya dirilis untuk Nintendo Family Computer di Jepang, muncul pembahasan bahwa antara Nintendo Amerika atau Square Soft (cabang Square untuk Amerika Utara) yang menginginkan permainan ini dikhususkan untuk pasar Amerika seperti yang telah dilakukan dengan judul pendahulunya pada tahun 1990. Proyek ini diumumkan dan cartridge prototypenya dibuat pada tahun 1991 namun pada akhirnya dibatalkan dan diganti dengan Final Fantasy IV yang saat itu adalah judul terkini. Final Fantasy II tidak pernah dirilis di luar Asia dalam bentuk aslinya. Pembuatan ulang permainan ini yang telah diperbaiki kemudian dirilis untuk Bandai WonderSwan Color (WSC), PlayStation (sebagai bagian dari koleksi Final Fantasy Origins) dan Game Boy Advance (GBA) (sebagai bagian dari Final Fantasy I & II: Dawn of Souls, di mana dua yang terakhir dirilis dalam bahasa Inggris untuk Amerika Utara dan Eropa.
Final Fantasy III (ファイナルファンタジーIII, Fainaru Fantajī Surī?) adalah permainan role-playing game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Square Co., Ltd. pada tahun 1990 untuk Nintendo Family Computer (“Famicom”, dikenal secara internasional sebagai Nintendo Entertainment System). Ia adalah permainan Final Fantasy pertama yang menghadirkan sistem pergantian peran, dan salah satu RPG paling besar yang diciptakan untuk konsol Nintend

Final Fantasy IV

Final Fantasy IV (ファイナルファンタジーIV, Fainaru Fantajī Foa?), sering disingkat menjadi FF4, adalah sebuah permainan role-playing game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Square Co., Ltd. pada tahun 1991. Ia dirilis di Amerika Utara dengan nama Final Fantasy II, karena baru merupakan judul kedua dari seri permainan ini yang dipasarkan untuk Amerika Utara. Penomoran yang sesuai dengan judul sebenarnya baru dilakukan pada rilis-rilis yang lebih baru. Permainan ini awalnya dirilis untuk Super Nintendo Entertainment System, lalu secara berturut-turut dirilis untuk PlayStation, WonderSwan Color, dan Game Boy Advance.
Final Fantasy IV merupakan terobosan baru untuk seri permainan Final Fantasy, dengan banyak inovasi yang menjadi bahan baku utama untuk permainan-permainan selanjutnya dalam seri ini dan juga secara umum untuk RPG lainnya. Alur cerita bertitik berat pada karakter yang sangat kuat secara emosional, penggunaan teknologi baru yang sangat efektif pada sistem permainan 16-bit (seperti grafik Mode 7), dan musik indah yang terkenal oleh Nobuo Uematsu, menjadikan permainan video ini apa yang dianggap banyak pemain dan kritisi sebagai salah satu permainan terhebat yang pernah dibuat.[1]

Final Fantasy V

Final Fantasy V (ファイナルファンタジーV, Fainaru Fantajī Faibu?) adalah sebuah permainan role-playing game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Square Co., Ltd. pada tahun 1992 dan awalnya dirilis untuk Nintendo Super Famicom. Permainan ini dibuat ulang untuk Sony PlayStation dan lalu diterjemahkan dan dipasarkan untuk Amerika Utara dan Eropa sebagai bagian dari koleksi Final Fantasy Anthology. Versi Super Famicom dari permainan ini dikenal sebagai salah satu fan translation yang dapat diselesaikan oleh RPGe tahun 1997.

Final Fantasy VI

Final Fantasy VI (ファイナルファンタジーVI, Fainaru Fantajī Shikkusu?) adalah role-playing game yang dikembangkan dan diproduksi oleh Square Co., Ltd. tahun 1994 untuk konsol permainan Super Famicom. Ia disutradarai oleh Yoshinori Kitase dan Hiroyuki Itō, yang menggantikan pencipta dan produser seri Final Fantasy Hironobu Sakaguchi, yang mensutradarai lima judul sebelumnya. Lagu dan musiknya disusun oleh kontributor kawakan seri FF Nobuo Uematsu, sementara Yoshitaka Amano menyumbang untuk desain grafis.

 Mengenal

Final Fantasy VI adalah judul terakhir dalam seri FF yang dirilis untuk konsol Super Nintendo. Ia dibuat ulang untuk PlayStation dan dirilis di Jepang tahun 1999 dalam bentuk terpisah juga sebagai bagian dari Final Fantasy Collection. Di Amerika Utara, pembuatan ulang ini tersedia sebagai bagian dari Final Fantasy Anthology. Pada tahun 2002, versi pembuatan ulang PlayStation ini dirilis secara terpisah untuk Eropa, Australia dan Selandia Baru. Bentuk baru permainan ini hadir pada Game Boy Advance dengan nama Final Fantasy VI Advance di tahun 2006. [1]

Cerita

Dulu kala terjadi peperangan antara 3 dewi yakni Doom, Poltergeist dan Goddess. Medan energi ketiganya mengubah manusia yang terjebak di antara mereka menjadi makhluk magis yang disebut esper. Esper tersebut dijadikan sebagai pion dalam peperangan. pertempuran dasyat tersebut membuka perang yang disebut War of Magi. Di akhir perang, ketiga dewi menyegel diri mereka dalam patung yang disebut patung Goddesses. para esper yang telah diberi kebebasan membuat dunia mereka sendiri dan mengungsi ke sana untuk menghindari perburuan oleh manusia. Sementara para penyihir yang dikenal sebagai Magi Knight mengungsi ke Thamasa untuk menghindari pertikaian dengan manusia lain.
Seribu tahun kemudian, dunia telah berubah. Mesin uap, mesin dan mesiu telah menggantikan peran magic. Namun Empire berhasil menemukan teknologi untuk mengekstrak magic dari esper dan menginjeksikannya pada manusia. Dengan kemampuan tersebut Empire yang dipimpin Emperor Gestahl dan tangan kanannya Kefka mulai memperluas kekuasaan dan menaklukkan wilayah lain. Mereka mendapat perlawanan dari kelompok Returners.
Berawal dari ditemukannya esper yang membeku di tambang Narshe, Empire mengirim gadis setengah esper, Terra beserta 2 parajurit lain untuk merebut esper tersebut. Mamun misi tersebut gagal dan sebaliknya mereka kehilangan kontrol atas Terra. Terra kemudian bergabung dalam Returners dan berjuang untuk menghentikan empire.
Bagian kedua game berkisah seputar dunia yang hancur setelah Kefka berhasil menguasai kekuatan patung goddesses. Celes, mantan jenderal Empire berjuang mengumpulkan kembali rekan-rekannya yang lain untuk menghentikan Kefka.

Karakter

(berdasar pada versi Amerika)

Pengetahuan Trivial

  • Final Fantasy VI merupakan seri Final Fantasy kedua yang tidak mengusung tema kristal elemen dalam alur ceritanya. Tema itu digantikan dengan tema esper. Final Fantasy II adalah game pertama yang tidak mengangkat tema kristal.
  • Tokoh Wedge dan Biggs (Vicks dalam keluaran Amerika Utara) pertama kali diperkenalkan dalam seri Final Fantasy melalui game ini.
  • Tokoh Ziegfried merupakan penipu yang menyerupai tokoh Siegfried dalam game ini, tetapi banyak penggemar game ini berpikir sebaliknya.
  • Penerjemah game ini untuk keluaran Amerika Utara, Ted Woolsey, berkontribusi atas berbagai perubahan nama tokoh seperti Mash/Matthew menjadi Sabin, Cayenne menjadi Cyan, Tina menjadi Terra, Madeen menjadi Maduin dan masih banyak lagi.
  • FF VI adalah salah satu game dimana pemain dapat memilih tokoh utamanya sendiri. Bahkan dapat mengubah susunan team secara keseluruhan.
  • Terra/Tina pada awal game adalah tokoh sentral. Menjelang akhir, tokoh sentral di ambil oleh Celes.
  • Gogo kemungkinan kunci dari seseorang istimewa dari Siegfried.
  • Tokoh Relm yang merupakan cucu angkat dari Strago adalah anak dari Shadow, hal ini dapat dibuktikan dari relic yang dipakai Relm dan Shadow(Memento) dan Interceptor yang biasanya tidak suka dengan orang asing dapat dengan mudah beradaptasi dengan Relm.

Final Fantasy VII


Final Fantasy VII
Sampul Permainan FF VII Amerika Utara
Sampul Permainan FF VII versi Amerika Utara, terlihat Cloud, memegang senjatanya (Buster Sword), berdiri depan bangunan Shinra Inc.
Pengembang Square Co., Ltd.
Penerbit PlayStation
Square Co., Ltd.
SCE America
Square Co., Ltd.
SCE Europe
Windows (PC)
Eidos Interactive
Perancang Hironobu Sakaguchi (produser permainan, konseptor skenario)
Yoshinori Kitase (sutradara permainan, penulis skenario)
Tetsuya Nomura (perancang karakter, konseptor skenario)
Kazushige Nojima (penulis skenario)
Yoshitaka Amano (illustrator gambar, perancang logo utama)
Nobuo Uematsu (komposer)
Seri Seri Final Fantasy
Sistem operasi Sony PlayStation, Microsoft Windows
Tanggal rilis PlayStation
Jepang 31 Januari, 1997
Amerika Utara 7 September, 1997
Internasional 2 Oktober, 1997
Eropa 17 November, 1997[1]
Australia November, 1997
Windows (PC)
Amerika Utara 24 Juni, 1998
Eropa, 1998
Australia, 1998
Kategori permainan Permainan peran
Mode permainan Single player
Batas umur pemain ESRB: T (Teen) (13+)
USK: 12+
ELSPA: 11+
PEGI: 16+
OFLC: G8+
Media PlayStation
3 CD-ROM
Windows (PC)
4 CD-ROM
Kebutuhan sistem Windows (PC)
133 MHz Intel Pentium CPU, 32 MB RAM, 2 MB video card RAM, 4X CD-ROM drive, DirectX 5.0, 260 MB tempat hard disk kosong, Windows 95 or Windows 98
Alat permainan Windows (PC)
Keyboard, mouse, or joystick (WIN)
PlayStation
PlayStation joystick

Final Fantasy VIII

Final Fantasy VIII
Final Fantasy 8 ntsc-front.jpg
Cover Final Fantasy VIII versi PlayStation
Pengembang Square
Penerbit PlayStation
JPN Square
NA Square Electronic Arts
PAL SCE Europe
Windows (PC)
NA Eidos Interactive
EU Eidos Interactive
JPN Square
Perancang Hironobu Sakaguchi (executive producer)
Shinji Hashimoto (game producer)
Yoshinori Kitase (game director)
Yoshitaka Amano (image illustrator, title logo designer)
Tetsuya Nomura (character designer)
Kazushige Nojima (scenario writer)
Nobuo Uematsu (composer)
Yusuke Naora (art director)
Seri Final Fantasy
Sistem operasi PlayStation, Microsoft Windows
Tanggal rilis PlayStation
JPN February 11 1999
NA September 7 1999[1]
EU October 27 1999
AUS October 29 1999
Windows (PC)
NA January 25 2000
EU February 18 2000
JPN March 23 2000
Kategori permainan Console role-playing game
Mode permainan Single player
Batas umur pemain aDeSe: +13
CERO: B (12+)
ELSPA: 11+
ESRB: T (Teen)
OFLC (AU): M15+
SELL: 12
USK: 12+
Media PlayStation
4 CD-ROMs
Windows (PC)
5 CD-ROMs
Kebutuhan sistem Windows (PC)
266 MHz Intel Pentium II CPU, 64 MB RAM, video card with 4MB RAM, 8X CD-ROM drive, 300MB free hard disk space , DirectX 6.1, Windows 95 operating system or above
Alat permainan Controller, keyboard, mouse
Final Fantasy VIII (ファイナルファンタジーVIII, Fainaru Fantajī Eito?) adalah sebuah permainan role-playing game yang diciptakan oleh Square Co., Ltd. untuk Sony PlayStation dan PC berbasis Microsoft Windows. Game ini merupakan judul kedelapan dalam seri utama permainan Final Fantasy dan judul kedua yang dirilis untuk PlayStation dan Windows. Cerita terfokus pada sekelompok tentara bayaran yang terjebak dalam suatu konflik internasional yang dirancang oleh seorang penyihir bernama Edea, dan berusaha menghentikan perang tersebut.
Dalam tiga belas minggu pertama setelah dirilis pada tahun 1999, Final Fantasy VIII telah menghasilkan keuntungan sebesar 50 juta USD[2][3], membuatnya menjadi judul Final Fantasy yang paling cepat terjual. Sampai saat ini, telah terjual sekitar 8 juta unit permainan Final Fantasy VIII, menempatkannya pada posisi kedua untuk judul Final Fantasy yang paling laris—di bawah Final Fantasy VII, yang berhasil menjual hampir 10 juta unit di seluruh dunia.[4] Final Fantasy VIII divoting sebagai permainan terbaik kedua puluh sepanjang masa oleh pembaca majalah Jepang Famitsu.[5]

Final Fantasy IX

Final Fantasy IX
The North American box art of Final Fantasy IX.
Cover Depan PlayStation
Pengembang Square
Penerbit JPN Square
NA Square Electronic Arts
UK Square Europe
EU Infogrames
AU Square Europe
Perancang Hironobu Sakaguchi (game producer, original concept)
Shinji Hashimoto (game producer)
Hiroyuki Itō (game director, game designer)
Toshiyuki Itahana (main character designer)
Kazuhiko Aoki (scenario writer, event planner)
Yoshitaka Amano (original character designer, image illustrator, title logo designer)
Nobuo Uematsu (composer)
Hideo Minaba (art director)
Tanggal rilis JPN July 7, 2000[1]
NA November 14, 2000[2]
EU February 16, 2001[3]
AU February 22, 2001[4]
Kategori permainan Console role-playing game
Mode permainan
Batas umur pemain CERO: A (All Ages)
ESRB: T (Teen)
USK: 6+
OFLC: M15+
ELSPA: 11+
Media CD-ROM
Alat permainan PlayStation controller
Final Fantasy IX (ファイナルファンタジーIX, Fainaru Fantajī Nain?) adalah sebuah permaian role-playing game yang dikembangkan oleh Square Co., Ltd. pada tahun 2000. Ia diterbitkan di Jepang oleh Square, di Amerika Utara oleh Square Electronic Arts, di Eropa oleh Infogrames dan di Britania Raya dan Australasia oleh Square Europe. Ia adalah permainan orisinil Final Fantasy terakhir yang diproduksi untuk PlayStation. Judul ini dipengaruhi secara kuat oleh permainan Final Fantasy pertama, dan terdapat banyak elemen dalam permainan yang memberikan kesan nostalgia bagi penggemar-penggemar lama seri ini.
Berlatar Belakang pada dunia fantasi “Gaia”. Final Fantasy IX mempunyai plot cerita pada perang antara beberapa negara, dipimpin oleh ratu yang ambisiuis. Pemain akan berperan sebagai seorang pencuri yang muda bernama Zidane Tribal, yang bergabung bersama gerombolan pencuri untuk menghancurkan Ratu. Plot cerita berganti, ketika karakter utama sadar bahwa Ratu adalah boneka dari Kuja.
Final Fantasy IX dikembangkan bersama-sama dengan Final Fantasy VIII, tetapi mengambil setting yang berbeda, yaitu lebih pada cerita tradisional mengenai kerajaam-kerajaan. Final Fintasy IX dipengaruhi oleh permainan Final Fantasy awal, dan mempunyai fitur yang hampir sama dengan Final Fantasy lain. Final Fantasy IX mempunyai fitur yang baru seperti Active Time Event, Mognet, dan sistem senjata dan skill yang baru.. Permainan ini memilik respon yang cukup bagus dan ditetapkan sebagai salah satu permainan terbaik. Permainan ini kembail pada konspe awal permainan Final Fantasy atas permintaan pemain.

0 komentar:

Posting Komentar